Belanja Online

Saat ini kegiatan belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup kebanyakan masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia. Bahkan beberapa wanita ataupun pria lebih suka mencari barang melalui toko online karena sangat mudah dan tidak perlu ekstra usaha untuk pergi ke toko terdekat. Namun terkadang belanja online ini tak selalu menyenangkan karena suatu ahl. Apalagi jika ternyata barang yang dibeli itu barang palsu, sungguh apes bukan ??
Menurut seorang pria yang ahli di bidang keamanan produk di Underwriter Labs (UL), John Drengenberg, ketika seorangg konsumen mendapatkan produk yang palsu itu bisa berbahaya. Tak hanya diri sendiri tapi juga orang terdekat konsumen tersebut.

“Dan jika produk yang Anda beli merupakan sesuatu yang dikonsumsi seperti makanan cepat saji atau obat-obatan dan ternyata itu palsu itu sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tutur John seperti dilansir dari Safe Bee.

John pun menambahkan, tidak hanya sesuatu barang yang bisa dikonsumsi seperti makanan, barang elektronik yang palsu juga bisa membahayakan Anda karena tak menutup kemungkinan bahwa pengaturan daya listrik atau volt di dalam barang tersebut kurang sesuai dengan standar aslinya. Misalnya voltaste ternyata lebih tinggi atau ada kerusakan tertentu di dalam komponen barang elektronik palsu yang bisa berisiko meledak atau memiliki sengatan listri yang tinggi.

Dan karena sebab itu, perhatikan barang-barang yang akan Anda beli di toko online agar terhindar dari produk yang palsu. Berikut tips yang perlu dilakukan sebelum Anda belanja online:

Beli produk di toko online terpercaya dan recommended

Beli produk di toko online terpercaya dan recommended, itu lebih aman daripada yang baru Anda temui saat berseluncur dan menemukan toko online secara tidak sengaja di internet. John pun mengatakan bila Anda belanja di online shop yang tidak diketahui sebelumnya maka harus memeriksa situs tersebut dan membaca deskripsi produk sebelum membelinya.

“Periksa saja apakah ada salah eja atau kurangnya tanda baca untuk menghindari barang-barang palsu,” saran John.

Selidiki reputasi situs toko online

Situs e-commerce setidaknya menyertakan nomor telepon atau pin bbm bila itu situs belanja dalam negeri yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan itu dalam melayani konsumennya, contoh dengan mencari informasinya lewat Google atau bertanya ke forum2 jual beli tentang toko itu.

Dan jika kebetulan Anda baru pertama kali membeli lewat situs online, pesan barang yang harganya murah terlebih dahulu untuk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya atau tidak. Tidak lupa juga baca privasi dan keamanan berbelanja dari situs tersebut. Perhatikan seksama informasi ini agar Anda pun tidak dirugikan. Dan meskipun demikian, itu tak bisa dijamin karena kebijakan ini selalu diberlakukan dengan baik. Karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi.

Hati-hati ketika membeli Anda barang elektronik

Menurut John, sebaiknya Anda membeli barang elektronik di toko resminya saja. Bila Anda membeli online, Anda tidak bisa memastikan kalau barang elektronik tersebut palsu atau tidak, dan oleh sebab itu Anda perlu berhati-hati untuk hal ini. John berkata barang elektronik palsu seringkali memiliki daya volt yang lebih tinggi dari standarnya. Barang-barang yang dimaksud seperti baterai smartphone, charger, kabel tambahan

Tidak usah menggunakannya bila barang tersebut palsu

Dan jika Anda sudah terlanjur memesan dan membeli barang palsu dari toko terutama obat-obatan atau alat elektronik sebaiknya jangan digunakan agar tak membahayakan Anda atau teman dan keluarga Anda. Coba kembalikan barang tersebut ke produsennya bila tidak bisa maka jangan dipakai barang itu.(dimuseumkan saja ?? ) Setelah tertipu satu kali, jangan kembali membeli di online shop yang sama agar hal itu tidak terjadi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *