sertifikat K3 dan Audit SMK3

Sertifikasi SMK3 adalah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012.

 

Pada Pasal 5 ayat 2 PP No.50 th 2012 ini secara umum berisikan : Bagi perusahaan yang mempekerjakan Pekerja/buruh lebih dari 100 orang atau kurang dari 100 orang dengan potensi bahaya tinggi wajib menerapkan SMK3 dengan dibuktikan dari Sertifikat SMK3. Yang dimaksud dengan Perusahaan yang mempunyai potensi bahaya tinggi yaitu Perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan , minyak dan gas bumi.

 

Sertifikat SMK3 adalah bukti pengakuan tingkat pemenuhan penerapan peraturan perundangan SMK3. Proses sertifikasi SMK3 suatu perusahaan dilakukan oleh Lembaga Audit Independen melalui proses sertifikat K3 dan Audit SMK3.

 

Sertifikat SMK3 ini juga yang dapat mengurangi penilaian dalam hal tender bahkan dapat menggagalkan bagi Kontraktor ataupun Supplier dalam mendapatkan proyek dari Pemerintah ataupun Swasta terutama perusahaan Pertambangan.

 

Tujuan dari Sertifikat K3 dan Audit SMK3

 

Sertifikat K3 dan SMK3 berfungsi untuk melakuka pemeriksaan secara sistematis dan independen terhadap pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan untuk menentukan suatu kegiatan dan hasil-hasil yang telah direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai kebijakan dan tujuan penerapan SMK3 di tempat kerja.

  1. Alat untuk mengukur besarnya keberhasilan pelaksanaan dan penerapan SMK3 di tempat kerja
  2. Pemeriksaan secara sistimatik
  3. Audit dilakukan secara independen
  4. Audit (eksternal) SMK3 dilakukan oleh Badan Audit independen

 

Fungsi Sertifikat K3 dan Audit SMK3

 

  1. Alat Manajemen (management tool)
  2. Memantau dan memverifikasi efektifitas penerapan kebijakan
  3. Alat untuk menilai kesesuaian (conformity assessment), seperti :
  4. Sertifikasi/akreditasi eksternal
  5. Evaluasi rantai pasokan

 

PERBEDAAN  SERTIFIKAT K3 DAN AUDIT SMK3 dan INSPEKSI K3:

Sertifikat K3 dan Audit SMK3 Inspeksi K3
Untuk mengukur efektifitas dari pelaksanaan suatu sistem Untuk menemukan kesesuaian dari obyek
Fokus terhadap suatu sistem Fokus terhadap suatu obyek
Penekanan terhadap proses Penekanan terhadap hasil akhir
Metode Pelaksanaan :

Tinjauan Ulang, verifikasi dan observasi

Metode pelaksanaan :

Pengujian secara teknis dan mendetail

Jangka panjang Fokus jangka pendek

 

2 Jenis Audit SMK3

1. Audit Internal SMK3:

Adalah sertifikat K3 dan Audit SMK3 yang dilakukan oleh perusahaan sendiri dalam rangka pembuktian penerapan SMK3 dan persiapan audit eksternal SMK3 dan atau pemenuhan standar nasional atau internasional atau tujuan-tujuan lainnya.

  • Audit internal SMK3 harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui keefektifan penerapan SMK3.
  • Sertifikat K3 dan Audit SMK3 dilaksanakan secara sistematik dan independen oleh personil yang memiliki kompetensi kerja dengan menggunakan metodologi yang telah ditetapkan.
  • Pelaksanaan audit internal dapat menggunakan kriteria audit eksternal sebagaimana tercantum pada Lampiran II PP No. 50 Tahun 2012.
  • Pelaporannya dapat menggunakan format laporan yang tercantum pada Lampiran III PP No. 50 Tahun 2012.

Frekuensi audit harus ditentukan berdasarkan tinjauan ulang hasil audit sebelumnya dan bukti sumber bahaya yang didapatkan di tempat kerja. Kemudia hasil audit harus digunakan oleh pengurus dalam proses tinjauan ulang manajemen.

Lebih lanjut, hasil temuan sertifikat K3 dan Audit SMK3 harus didokumentasikan dan digunakan untuk tindakan perbaikan dan pencegahan. Sehingga nantinya Sertifikat K3 dan Audit SMK3 dijamin pelaksanaannya secara sistematik dan efektif oleh pihak manajemen

2. Audit Eksternal SMK3:

Audit eksternal SMK3 adalah sertifikat K3 dan Audit SMK3 yang diselenggarakan oleh badan audit dan dilaksanakan oleh auditor  eksternal dalam rangka pembuktian penerapan SMK3 di tempat kerja terhadap pemenuhan persyaratan peraturan perundangan.

 

Tujuan Sertifikat K3 dan Audit SMK3:

  1. Didasarkan pada pertimbangan :
  2. Prioritas manajemen;
  3. Tujuan komersial;
  4. Persyaratan sistem manajemen;
  5. Persyaratan peraturan per-uu;
  6. Persyaratan kontrak;
  7. Kebutuhan untuk evaluasi pemasok;
  8. Peryaratan pelanggan;
  9. Kebutuhan pihak lain yang berkepentingan;
  10. Risiko terhadap organisasi.

 

Manfaat Sertifikat K3 dan Audit SMK3:

Secara umum manfaat penerapan SMK3 di perusahaan, diantaranya:

1. Melindungi pekerja

Tujuan utama penerapan SMK3 adalah melindungi pekerja dari segala macam bahaya kerja dan juga yang bisa menganggu kesehatan saat kerja. Dengan melindungi pekerja dengan SMK3 maka perusahaan otomatis akan untung karena meningkatkan produktivitas pekerja

2. Mematuhi peraturan pemerintah

Dengan menerapkan SMK3 maka perusahaan telah mematuhi peraturan pemerintah Indonesia. Perusahaan yang tidak melaksanakan SMK3 akan diberikan sangsi oleh pemerintah karena dianggap lalai dalam melindungi pekerja.

3. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Dengan menerapkan SMK3 secara otomatis akan membuat kepercayaan konsumen. Ketika perusahaan sudah menerapkan SMK3 dalam memproduksi suatu produk, konsumen bisa meyakini prosedur telah bagus dan produksi bisa kontinu. Dengan menerapkan SMK3 akan dapat menjamin proses yang aman, tertib dan bersih sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mengurangi produk cacat.

4. Membuat system manajemen efektif

Penerapan SMK3 tidak jauh beda dengan ISO dimana semua tindakan terdokumentasi dengan baik, dengan adanya dokumen yang lengkap memudahkan melakukan tindakan perbaikan jika ada alur kerja yang tidak sesuai.

Hubungi Centra Artha Prima Indonesia jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai sertifikat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).  Centra Artha Prima Indonesia adalah Perusahaan jasa K3 Resmi yang ditunjuk Oleh Kementrian untuk melakukan Pelatihan K3 Umum , Pembinaan Auditor SMK3, Petugas Pemadam Kebakaran Kelas D dan Petugas P3K sertifikasi Kemnaker.

Sebagai Perusahaan yang bergerak dibidang Pembinaan tenaga ahli dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ditunjuk oleh Kementrian Tenaga Kerja RI bertujuan untuk mencetak Tenaga ahli yang profesional dan berkualitas serta bisa bersaing secara Nasional bahkan Internasional dalam dunia K3.

Centra Artha Prima Indonesia ini berdiri tanggal 14 Januari 2017 dengan No. 01/2017 yang beralamat di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.10 Taman Palagan Asri 3, Sariharjo, Ngalik, Sleman Yogyakarta. Segera kunjunhi Centra Artha Prima Indonesia dan ikuti pelatihannya untuk mendapatkan sertifikat K3 dan Audit SMK3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.