bayi 2 bulan sudah bisa apa

Ada banyak hal yang harus dilakukan orang tua ketika memiliki bayi usia 2 bulan. Selain memastikan kesehatannya, Anda juga harus memastikan perkembangan bayi 2 bulan berjalan optimal. Memantau bayi 2 bulan sudah bisa apa saja untuk melihat perkembangannya tidak dianggap terlalu dini. Pasalnya Anda harus mengetahui setiap detail perkembangan bayi mulai dari baru lahir. Untuk menjawab pertanyaan bayi 2 bulan bisa apa saja, Anda bisa menyimak artikel ini!

Bayi 2 Bulan Bisa Apa Saja?

Setidaknya ada lima aspek yang harus Anda pantau untuk memastikan bayi 2 bulan memiliki perkembangan seperti bayi-bayi seumurannya. Langsung saja, berikut penjelasannya:

1. Pertumbuhan Fisik

Aspek pertama yang perlu Anda pantau adalah pertumbuhan fisik. Pertumbuhan fisik ini berupa berat dan panjang atau tinggi badan bayi. Bayi 2 bulan biasanya mengalami peningkatan berat badan antara 1-1,5 kg sejak kelahirannya.

Sementara panjangnya bertambah antara 2,5-5 cm, Anda juga perlu mengukur lingkar kepala. Bayi usia 2 bulan lingkar kepalanya bertambah sekitar 4 cm sejak kelahirannya. Namun angka tersebut hanya rata-rata bayi saja sehingga tidak menutup kemungkinan bisa berbeda.

2. Kebiasaan Tidur

Pada awal kelahirannya, bayi memiliki jam tidur yang sangat panjang. Hal tersebut ternyata masih berlanjut ketika memasuki usia 2 bulan. Bayi usia 2 bulan rata-rata tidur selama 15-16 jam per hari. Pada malam hari terkadang bayi bangun karena harus menyusu.

Namun di siang hari, intensitas tidurnya masih banyak. Bayi usia 2 bulan tidur siang sebanyak 2 sampai 4 kali. Di malam hari bayi akan bangun sebanyak 1-2 kali. Banyak ibu yang melaporkan jika bayi umumnya tidur 8,5 jam di malam hari dan 7 jam di siang hari.

3. Kemampuan Motorik

Aspek perkembangan bayi 2 bulan bisa apa selanjutnya yaitu kemampuan motorik. Meskipun baru 2 bulan, nyatanya sudah banyak perkembangan yang dimiliki oleh Si Kecil.

Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menegakkan kepala saat tengkurap, tangan terkadang mengepal, mengisap jari tangan, fokus pada objek yang menonjol, bisa melakukan gerakan menendang, mulai bisa memegang, dan lain sebagainya.

4. Kemampuan Kognitif dan Visual

Kemampuan visual atau penglihatan bayi 2 bulan juga berkembang dengan pesat. Bayi baru lahir hanya bisa membedakan warna putih dan hitam. Sekarang mereka bisa membedakan lebih banyak warna.

Hal tersebut ditunjukkan dengan bayi yang menyukai warna dan bentuk menonjol. Beberapa kemampuan kognitif dan visual bayi 2 bulan lainnya yaitu melihat dengan jarak 45 cm, mata mengikuti gerakan, mengenali orang terdekat, merasa bosan, mendengarkan suara, dan lain-lain.

5. Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Aspek terakhir yang perlu Anda pantau adalah kemampuan bahasa dan komunikasinya. Bayi usia 2 bulan sudah mulai cooing atau mengeluarkan suara. Mereka juga mulai ekspresif terhadap sesuatu, termasuk tersenyum saat ada yang menggoda. Saat ada orang yang berbicara, bayi usia 2 bulan sudah mencoba mencari sumbernya. Jadi bayi akan menoleh ke arah sumber suara.

Apakah penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan Anda bayi 2 bulan bisa apa saja? Selain memantau perkembangannya, jangan lupa memastikan kesehatannya. Cegah ruam popok yang sering terjadi pada bayi dengan memakai popok yang aman dan nyaman.

Anda bisa memilih MAKUKU SAP Diapers Pro Care untuk diberikan pada Si Kecil. Popok ini aman dan anti ruam karena menggunakan struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) dan bubble belt di bagian pinggang. Untuk bayi di bawah 5 kg bisa memilih ukuran NB yang tersedia. Dapatkan MAKUKU SAP Diapers Pro Care di toko langganan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *