fortuner

Begitu banyak orang yang salah dalam merawat kendaraan seperti Fortuner diesel yang mereka miliki. Hal tersebut membuat kondisi kendaraan menjadi turun. Kurang bertenaga serta bahan bakarnya menjadi boros.

Terdapat cara yang sederhana untuk Anda yang ingin merawat mobil Fortuner yang bermesin diesel, sebab di Indonesia sendiri cukup banyak masyarakat yang lebih menyukai mobil bermesin tersebut. Apalagi mobil dengan mesin diesel biasanya memiliki suara yang tidak bising daripada jenis mesin mobil lainnya.

Pada dasarnya kendaraan bermesin diesel pernah naik daun di eranya. Akan tetapi seiringan perkembangan jaman pada sektor otomotif, mobil dengan mesin diesel agak kurangi diminati serta berganti ke mesin dengan bahan bakar bensin atau menggunakan mesin matic.

Tapi penggemar kendaraan bermesin diesel saat ini juga terbilang masih ada dan banyak, ditambah teknologi pada mesin diesel saat ini dapat menghasilkan suara yang lebih halus dan tidak kasar serta tidak menghasilkan asap yang hitam.

Cara Melakukan Perawatan Fortuner Diesel dengan Benar

Untuk Anda yang mempunyai mobil Fortuner bermesin diesel, pastinya harus memperhatikan perawatannya serta jauh lebih sering dibanding Ketika memberikan perawatan terhadap mobil Fortuner dengan bahan bakar bensin pada umumnya. Karakteristik dari pembakaran kendaraan mesin diesel memiliki perbedaan dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk merawat kendaraan dengan mesin diesel.

1.       Perawatan untuk Filter Udara Mesin Diesel

Kompresi pada mesin diesel dari mobil fortuner begitu tinggi, kadang bisa mencapai 200 bar. Hal ini berdampak pada filter udara dari mesin diesel tersebut menjadi mudah sekali kotor dibanding mobil kendaraan dengan mesin pada umumnya. Gantilah filter udara kendaraan setiap menempuh 15 ribu kilometer. Tapi pergantian dapat dilakukan segera jika kondisi udaranya berpolusi dan berdebu.

2.       Perawatan pada Filter Bahan Bakar Mesin Diesel

Untuk menjaga bahan bakar yang akan digunakan oleh mesin, Anda sebaiknya melakukan perawatan rutin pada filter bahan bakar mobil Fortuner diesel. Anda dapat mengikuti prosedur perawatan yang ada pada buku panduan kendaraan tersebut.

3.       Perawatan untuk Water Sedimenter

Pada filter untuk mesin solar keluaran baru umumnya telah digabung oleh water sedimenter, yaitu alat untuk dapat menjaring kandungan air yang ada di bahan bakar diesel tersebut. Apabila indicator untuk bahan bakar yang ada di speedometer sudah hidup, berarti air di water sedimenter sudah penuh dan harus segera dibuang. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memutar keran yang ada di bagian bawah water sedimenter.

4.       Perawatan pada Oli Mesin

Memiliki kompresi yang cukup tinggi alhasil oli pada mesin diesel lebih mudah kotor, untuk mesin diesel disarankan melakukan pergantian oli setiap 5 ribu kilometer. Jangan lupa membeli oli yang memang khusus mesin diesel dan ditandai oleh sertifikasi API Compression.

5.       Merawat Filter Oli Kendaraan

Gantilah filter oli setidak tiap tiga atau empat kali Anda mengganti oli, sebab oli tersebut sangat mudah membawa berbagai kotoran pada mesin. Kotoran-kotoran yang ada dapat berupa pasir dan sejenisnya, tentu ini sangat mengancam kesehatan mesin diesel pada kendaraan tersebut.

Melakukan Perawatan Wajib Mobil Fortuner Mesin Diesel

Harga Fortuner diesel tergolong cukup mahal maka dari itu Anda harus melakukan perawatan yang ekstra untuk menjaga mobil tersebut berada pada perform terbaik selain perawatan yang sudah ditulis diatas, masih ada perawatan dari sisi lain ketika Anda ingin menjaga kondisi mobil Fortuner Anda tetap sehat. Berikut penjelasannya.

1.       Panaskan Mobil Ketika Akan digunakan

Memanaskan kendaraan tidak hanya untuk mobil fortuner saja, bahkan keseluruh kendaraan apapun jenisnya. Hal ini agar konsumsi bahan bakar pada mesin dapat terisi dan menyebar dengan sempurna Supaya ketika kendaraan tersebut dijalankan, suplai solar atau bahan bakar sudah siap.

2.       Cuci Darah Kendaraan

Hal ini adalah salah satu cara agar melakukan pergantian oli jauh lebih bersih, gunanya agar dapat memastikan bahwa mesin kendaraan memang bersih dari berbagai kotoran yang ada di dalam.

3.       Melakukan Tune Up Rutin

Memberi perawatan Tune Up pada mesin kendaraan salah satu hal yang wajib. Hal tersebut agar dapat memastikan kondisi mobil ada pada performa terbaiknya. Tune UP terhadap mesin mobil Fortuner perlu dilakukan secara rutin dan berkala dan harus detail, yang dimana seluruh sistem pembakar pada mesin kendaraan wajib dibersihkan semuanya.

Nah, untuk Anda yang ingin membeli mobil secara tunai maupun kredit Fortuner sebaiknya cara-cara yang sudah dijelaskan dapat menjadi referensi bagi Anda kedepannya ketika ingin membeli kendaraan tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *