Masa persalinan memang masa yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Akan tetapi masa ini juga bisa dibilang sangat menegangkan bagi beberapa ibu hamil terutama yang baru saja mendapatkan kehamilan pertama kali. Apabila Anda mengalami gejala berikut ini, Anda wajib tanya dokter kehamilan untuk memastikan apakah proses persalinan akan segera dimulai.

Apa Saja Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat?

Ada beberapa tanda-tanda yang harus diperhatikan kalau masa kehamilan sudah mendekati persalinan. Biasanya pada 3 minggu sebelum hari perkiraan atau 2 minggu setelahnya, Anda akan mengalami gejala berikut ini:

Susah Tidur

Masa persalinan membuat calon ibu kerap mengalami gangguan tidur di malam hari karena sering gelisah. Karena itu, pastikan Anda mencuri waktu istirahat misalnya siang hari karena saat persalinan berlangsung, anda akan membutuhkan energi yang cukup besar.

Sering Buang Air Kecil

Tanda persalinan sudah semakin dekat adalah seringnya ingin buang air kecil. Umumnya bayi akan turun ke area rongga panggul dan akhirnya membuat rahim menekan kandung kemih. Akibatnya, ibu hamil selalu ingin buang air kecil.

Perubahan Emosi Yang Drastis

Gejala lain yang sering dialami oleh ibu hamil adalah perubahan emosional yang signifikan. Biasanya kejadian ini muncul di hari-hari sebelum melahirkan. Para calon ibu kebanyakan sering moody atau marah-marah seperti saat menjelang menstruasi.

Sering Mengalami Nyeri

Tanda-tanda melahirkan juga semakin dekat seperti mulai dirasakannya kram di area punggung, dan perut. Sensasi kramnya lebih mirip dengan masa sebelum menstruasi, namun bedanya kali ini lebih sakit.

Muncul Kontraksi Palsu

Kejadian kontraksi palsu kerap terjadi yakni dengan kejadian perut mengencang yang selalu datang dan pergi. Biasanya ini berlangsung selama 301-20 detik. Biasanya kejadian ini tidak beraturan dan lebih sering berhenti dengan sendiri ketika ibu hamil merasa rileks.

Untuk kontraksi sungguhan, rasa sakit biasanya muncul di sekitar panggul yang berpindah ke arah depan perut. Umumnya, kontraksi palsu atau Braxton-Hicks ini mulai muncul pada usia kehamilan mencapai 16 minggu dan akan semakin kuat menjelang kelahiran.

Vagina Mengeluarkan Cairan Bercampur Darah

Saat hamil, leher rahim akan ditutupi oleh lendir dan ketika masa persalinan sudah mulai dekat, leher rahim ini akan mulai membesar serta melunak untuk memudahkan bayi keluar dari rahim. Warna lendirnya pun beragam bisa berwarna merah muda, bening dan juga darah.

Air Ketuban Pecah

Tanda-tanda pasti kelahiran sudah dekat adalah pecahnya air ketuban. Beberapa ibu hamil akan merasakan kontraksi dulu sebelum air ketubannya pecah. Namun ada juga yang prosesnya terbaik.

Apa Saja Yang Wajib Dipersiapkan Ketika Proses Persalinan Datang?

Persalinan memang tidak bisa meleset dari prediksi. Makanya alangkah baiknya bila Anda sudah menyiapkan segala kebutuhan pada bulan ke-9 kehamilan. Jadi, ketika Anda mulai merasakan gejala awal persalinan, Anda tidak perlu ribut karena peralatan bayi sudah siap. Berikut adalah jenis perlengkapan yang wajib dicari:

  • Tas peralatan mandi dan pakaian
  • Perlengkapan bayi
  • Selimut dan bantal bayi
  • Makanan ringan
  • Buku atau majalah yang bisa Anda gunakan untuk menemani proses persalinan.
  • Kamera atau gadget bila Anda ingin mengabadikan momen persalinan Anda.

Selain itu, pastikan Anda telah menentukan siapa yang akan menemani di masa proses persalinan nanti, dan juga Anda sudah memastikan ke rumah sakit mana yang ingin dituju begitu persalinan datang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like